0878-8884-7772
0878-8884-7772
0878-8884-7772
5235-220E

23 Tips Cara Cek Laptop Bekas Sebelum Deal Membeli

Monday, October 23rd 2017. | Blog

23 Tips Cara Cek Laptop Bekas Sebelum Deal Membeli sebetulnya sudah banyak diketahui oleh para pelaku usaha jual beli laptop bekas. Akan tetapi disini kami akan membuka rahasia untuk anda sekalipun sebagai pembeli awam yang ingin membeli laptop bekas berkualitas. Dijamin, laptop bekas yang lolos dari 23 cara cek laptop bekas ini adalah laptop yang bagus untuk anda beli. Apa saja cara cek nya?

cek memilih laptop bekas

23 Panduan Cek Laptop Bekas Sebelum Deal Membeli

  1. Cek Kesesuaian Tipe dan Spesifikasi Laptop
    Cek kesesuaian tipe dan spesifikasi laptop yang tertera di label ketika dipegang dengan tipe yang tertera di iklan. Misal di iklan anda lihat “Jual Laptop Asus A455LF core i5 nvidia” nah pastikan ketika anda melihat langsung barangnya anda lihat pada label laptop tersebut ada tulisan asus a455lf dan stiker intel core i5.
    Ohya saran saya jika membeli laptop, beli lah merk yang terkenal karena harga sparepartnya lebih murah dibanding merk yang tidak umum juga nilai sale-back atau jual kembali masih dibutuhkan banyak orang. Namun hal ini juga bukanlah ukuran yang harus sangat ditaati tetapi sekedar saran menurut saya.
  1. Cek Kelengkapan Barang
    kelengkapan itu penting, jika laptop bekas yang dijual memiliki kelengkapan seperti dus, manual book, warranty card, artinya laptop bekas tersebut adalah laptop yang jelas asal usulnya, bukan barang hasil tidak kejahatan. Resiko membeli laptop bekas batangan adalah bisa terjerat pada pasal penadahan. Kriminal lho….
  2. Cek Kartu Garansi dan Masa Berlaku Garansi
    Membeli laptop bekas tetap saja ada garansinya minimal garansi toko. Jika garansi personal biasanya kurang dari 7 hari. Sedang toko laptop bekas memberi garansi laptop bekas bisa sampai 30 hari dari tanggal pembelian. Jenis garansi tentunya berbeda-beda dan lebih bijak anda tanyakan terlebih dahulu garansi apa saja yang diberikan oleh penjual laptop / netbook bekas di toko tempat anda Tentunya ada surat perjanjian / nota kesepakatan sekaligus nota pembelian tertulis lama garansinya.
    Lebih baiknya lagi cari laptop yang usianya dibawah 2 tahun yang masih hidup garansi resminya. Laptop asus memberikan garansi 2 tahun, lebih lama dibanding merk lain. Jika masih garansi, pastikan kartu garansi dan nota pembelian masih ada. Jika laptop tersebut macbook / samsung cek warranty status di web resmi apple dan samsung.

    Cek Fisik Bagian Luar

  3. Cek Casing
    • Cek Body Atas / Belakang layar laptop, apakah ada penyok jika material penyusun laptop terbuat dari logam. Ataukah ada retak / pecah di casing belakang layar, perhatikan juga goresan atau lecet.
    • Cek body bawah lihat bagian kisi-kisi pembuangan udara, apakah ada yang pecah?
    • Cek body samping sekeliling apakah ada bekas congkelan atau pecah dan retak?
    • Cek engsel apakah ketika laptop dibuka dan ditutup ada bunyi keras, gemeretak, atau casingnya ngangkat? Jika ya, kemungkinan ada baud engsel yang patah terlepas dari casing. Untuk jangka panjang berbahaya, bisa pecah total dan merusak kabel flexibel layar led.
    • Cek frame layar, frame adalah casing yang mengelilingi layar led, lihat saja, ada bekas congkelan atau retak tidak?
    • Cek casing wristpad dekat keyboard. Ini bagian laptop yang mudah sekali luntur warnanya karena sering terjadi gesekan dengan tangan ketika mengetik.

Kemudian Nyalakan Laptop

  1. Cek Adaptor
    Apakah adaptornya original dari brand tersebut atau tidak? Akan tetapi tidak semua brand memberikan adaptor yang sama dengan merk mereka. Contoh acer, advan, zyex, axioo, benq, gigabyte. Mereka tidak memberikan adaptor dengan merk laptop mereka. Cek apakah adaptor tidak ada yg sobek tergigit tikus?
  2. Cek BIOS Sebelum Dinyalakan,
    lihat kesesuaian spek dan tipe. Pernah terjadi penipuan dari etnis wisatawan mancanegara yang menjual laptop dengan label core i7 tapi sebenarnya hardwarenya bukan itu. Jadi mereka memalsukan label corei7 dan juga menginstal OS windows yang menampilkan informasi yang salah tentang prosesor tsb. Ketika laptop menyala sebelum masuk windows, klik tombol F2 berkali kali sampai masuk ke menu bios, cek tipe laptop dan spesifikasi nya disana.

    Lalu Masuk Windows

  3. Cek Kesehatan Hardisk dengan Tool “hd tune”
    ada sebuah software / tool bernama “hd tune pro”. Software ini bisa memberikan informasi mengenai kesehatan dan umur hardisk anda. Cara gunakannya mudah, buka saja hdtune, lalu lihat informasinya berwarna hijau artinya sehat, kuning waspada, dan merah sudah bad sector, hindari membeli laptop bekas dengan hardisk bad sector
  4. Cek Spesifikasi Di dxdiag
    ketika masuk tampilan windows, klik tombol start windows, lalu ketik “dxdiag” tanpa tanda kutip. Nanti akan terlihat informasi tentang tipe laptop, prosesor, ram dan graphic card.
  5. Cek Keyboard.
    Cek keyboard laptop menurut saya paling mudah adalah mencoba mengetiknya pada microsoft word dan mulailah mencoba setiap huruf dan angka pada keyboard tersebut. Walau ada software untuk mengecek tombol keyboard laptop namun tetaplah cek apakah ada salah satu atau beberapa keyboard sulit ditekan atau tidak  berfungsi. Cek semua tombol-tombolnya beserta huruf dan angkanya termasuk tanda panah atas, bawah, kiri dan kanan. Jangan terburu pada saat mengecek kondisi keyboard ini. Cek juga tombol fungsi Fn dengan tombol lainnya misalnya tombol Fn dengan  tombol pengatur kecerahan layar apakah tombol yang dikombinasikannya dengang tombol Fn tadi berfungsi.
  6. Cek Installed Driver.
    Sebelum melangkah kepada pengecekan selanjutnya, baiknya dicek apakah seluruh driver sudah terinstal apa belum? Jika belum terinstal semua, biasanya da hardware seperti usb, card reader dan vga yang tidak bisa dipakai. Anda bisa klik kanan pada mycomputer lalu pilih manage. Kemudian klik device manager. Cek apakah ada driver yang masih menampilkan tanda seru kuning? Kalau tidak ada, berarti sudah terinstal semua drivernya. Jika driver belum diinstal, silahkan download driverpack solution lalu instal seluruh driver yang dibutuhkan
  7. Cek Kesehatan VGA / Kartu Grafis.
    Jika anda ingin membeli laptop gaming bekas, anda harus berhati-hati, karena vga / graphic card biasanya rentan rusak. Jika laptop tersebut windows7 silahkan rating windows pada menu “windows experience index”. Anda googling sendiri caranya
  8. Cek Layar LED.
    Layar / LED / LCD laptop sangat penting karena menampilkan gambar dari apa yang kita kerjakan pada sebuah laptop. Cek apakah pada layar laptop terdapat garis vertikal, horizontal, bintik hitam, bintik putih? Atau retak? Warna background layar laptop / netbook seperti misalnya gambar artis, gambar game background, gambar pemandangan alam pertama mungkin anda terkesima. Tapi tunggu dulu apakah dibalik itu ada cacat yang disembunyikan. Cobalah mengganti background desktopnya dengan warna solid hitam. Jika itu windows 7 atau windows 8, windows 10 atau windows xp sekalipun mintalah merubah background desktopnya dengan warna solid hitam. Nah lihatlah setelah diganti background dekstopnya menjadi hitam apakah ada semacam titik menyala pada layar ? jika ada itu biasanya dinamakan dengan “dead pixel”. Selain itu masuk ke windows explorer, atau buka microsoft word yang intinya layar background putih akan nampak. Perhatikan apakah layar laptop / netbooknya ada semacam bercak putih semacam panu jika istilahnya begitu,
  9. Cek Port USB
    Port USB sangat diperlukan manakala memerlukan tambahan input untuk membaca drive usb modem, usb flashdisk pastikan semua port usb tersebut benar-benar semuanya berfungsi.
  10. Cek DVD-RW Drive jika ada.
    Untuk mengecek kondisi optik dvdrw yang pada laptop masukan saja kepingan cd / dvd yang sudah berisi data-data di dalamnya. Gampangnya masukan saja cd / dvd film untuk mengecek apakah dvdrw pada laptop masih berfungsi.
  11. Cek VGA port / HDMI port
    bagian ini biasanya jarang rusak. Jika anda mau cek, cukup hubungkan ke led monitor atau ke projector. Jika gambar keluar maka port normal.
  12. Cek Wifi / Wlan
    Nah ini yang tidak kalah penting, tanpa wifi, laptop gak bisa internetan. Cara cek wifi, ya tinggal koneksikan ke hotspot terdekat saja, kalau konek berarti normal.
  13. Cek Webcam / Kamera
    Webcam / camera bisa dicek dengan aplikasi cyberlink youcam, skype, dll. Cek saja, jika tampil gambar, berarti normal.
  14. Speaker dan Audio Jack
    Periksa kualitas speaker apakah masih baik atau sudah sember / cempreng seperti ada yang pecah. Mainkan lagu dan naikkan volume. Cek juga colokan headset dengarkan dari headphone.
  15. Cek Port Adaptor
    lihat port adaptor pada laptop, apakah mendem, goyang atau mudah terlepas? Cek ketika dicolok adaptor apakah terlihat baterai mengisi?
  16. Cek Kesehatan Baterai
    mengecek kesehatan baterai laptop agak susah tanpa bantuan software atau tool. Anda perlu mengecas full lalu cabut adaptor dan lihat perlahan lahan baterai berkurang, cara ini memakan waktu saaangat lama. Baiknya anda download software “Battery Bar” anda akan mendapatkan info apakah baterai laptop masih bagus atau tidak?
  17. Cek Tanggal dan Waktu
    Perhatikan tanggal dan jam pada bagian bawah kanan pojok apakah sesuai saat ini. Jika tidak kemungkinan battery cmos pada laptop sudah habis.
  18. Cek Area Mousepad / Touchpad
    Ini juga penting selain dapat mengecek fungsi tombol klik kanan dan klik kiri. Gerakan tangan pada area mouse pad pada laptop apakah pergerakan mouse nya normal atau tidak. Jika tidak normal pertimbangkan untuk membelinya.
  19. Cek Suhu pada Laptop
    Jika hampir seluruh bagian laptop atau netbook ternyata panas berlebihan hingga pada badan area mouse pad bila disentuh tangan akan terasa panas sekali. Bila ini terjadi kemungkinan ada masalah pada bagian mesin laptop. Pertimbangkan untuk membelinya.

Itulah panduan 23 cara cek laptop bekas sebelum deal membeli yang menurut saya sudah lengkap untuk mendapatkan laptop atau netbook bekas. Jika anda masih terlalu awam untuk mengecek sendiri laptop bekas, baiknya anda mengajak teman anda yang lebih mengerti atau membeli laptop bekas hanya di toko yang memiliki kredibilitas tinggi.

Salah satu toko di jabodetabek yang menjual laptop bekas berkualitas adalah :

Toko Pasarlaptop Bekasi dan Depok

Toko Notnet Bintaro & Bandung

tags: , , ,

Artikel lain 23 Tips Cara Cek Laptop Bekas Sebelum Deal Membeli